Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Video Bebas Hak Cipta di Youtube

Cara Mencari Video Bebas Hak Cipta di Youtube - Video bebas hak cipta adalah video yang bisa bebas digunakan kembali untuk berbagai keperluan. Video bebas hak cipta juga bisa sobat upload ulang/reupload di Youtube dengan catatan videonya diedit ulang dan mencantumkan sumber dari mana video tersebut berasal.

Banyak Youtuber kaki lima yang menggunakan video bebas hak cipta ini untuk di upload ulang di channel mereka. Biasanya mereka mencari video yang bebas hak cipta dari negara luar Indonesia.

Selain itu, video bebas hak cipta juga sering digunakan oleh Youtuber yang membahas daftar unik seperti channel Calon Sarjana untuk dijadikan video Footage.

Jika sobat penasaran, berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendapatkan video non copyright atau video bebas hak cipta di Youtube.

Cara Mencari Video Bebas Hak Cipta di Youtube
  1. Langkah pertama silahkan sobat mengunjungi situs Youtube.
  2. Setelah itu ketik di pencarian video yang sobat inginkan. Misalnya saya ingin mencari video aneh, maka saya akan mengetikan kata "video aneh" di pencarian.
  3. Setelah hasil pencariannya muncul, klik tulisan Filter yang terletak di bawah kotak pencarian.
  4. Lalu klik tulisan Creative Common. Ini akan menampilkan video yang bisa digunakan kembali di youtube.

  5. Setelah itu akan muncul kumpulan video yang bisa sobat gunakan kembali untuk keperluan Youtube. Untuk memastikan apakah video tersebut benar-benar bisa digunakan kembali, lihat pada keterangan videonya apakah ada tulisan "Lisensi Atribusi Creative Commons (boleh digunakan kembali)". Jika ada, maka video tersebut bisa diupload ulang di channel youtube sobat.

  6. Selesai!
Nah itulah langkah termudah untuk mencari video yang bebas hak cipta di Youtube. Sebagai seorang Youtuber pastinya sobat sudah mengetahui kebijakan Youtube yang melarang untuk mengupload ulang video orang lain tanpa izin, apalagi video tersebut mengandung hak cipta.

Nah, oleh karena itu sobat harus mencari video yang benar-benar terbebas dari hak cipta agar video tersebut bisa diupload ulang di channel sobat tanpa melanggar kebijakan dari Youtube Partner Program.
Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

Post a Comment for "Cara Mencari Video Bebas Hak Cipta di Youtube"