Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyetem Gitar Sendiri 100% Akurat

Cara Menyetem Gitar Sendiri 100% Akurat - Menyetem Gitar adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang gitaris. Karena dengan menguasai teknik penyeteman (terutama teknik manual), maka hal itu bisa mengasah kepekaan kita terhadap hubungan nada-nada pada keenam senar gitar.

Sebetulnya ada beberapa teknik dan cara untuk menyetem gitar yang bisa kita gunakan. Akan tetapi cara yang menurut saya paling mudah dilakukan terutama untuk pemula seperti saya adalah dengan "teknik manual" dan dengan bantuan "aplikasi stem gitar/guitar tunner" yang ada di Android ataupun IOS.

Baik gitar akustik maupun gitar listrik, keduanya memiliki cara penyeteman yang sama. Dan berikut adalah 2 cara menyetem gitar yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara Menyetem Gitar Menggunakan Teknik Manual :

Langkah pertama siapkan gitar yang akan distel/distem. Sebelum melakukan penyeteman, alangkah baiknya senar gitar nya dilonggarin terlebih dahulu. Setelah semua senarnya longgar, maka saatnya melakukan penyeteman.

Sebelum lanjut, pastikan sobat sudah memahami urutan-urutan pada senar gitar. Berikut adalah urutannya :

Senar 1 = E (senar paling bawah)
Senar 2 = B
Senar 3 = G
Senar 4 = D
Senar 5 = A
Senar 6 = E (senar paling atas)

Jika sudah paham, mari kita lanjut.
  1. Pertama kencangkan senar 1 atau nada E (senar paling bawah) sampai benar-benar pas didengar. Agar lebih pas, kita bisa menyamakannya dengan senar 1 pada gitar yang normal. Hal ini dilakukan agar tinggi-rendah nadanya tidak ngawur.
  2. Setelah senar 1 dikencangkan, silahkan tekan senar 2 di fret ke 5. Kencangkan senar 2 secara perlahan sambil dibunyikan hingga nada nya mirip dengan nada senar 1 tanpa ditekan.

  3. Setelah dirasa mirip, langkah selanjutnya adalah tekan senar 3 di fret ke 4. Kemudian kencangkan senar 3 secara perlahan sambil dibunyikan hingga nada nya mirip dengan nada senar 2 tanpa ditekan.

  4. Jika sudah mirip, lanjut ke penyeteman pada senar 4. Tekan senar 4 di fret ke 5. Kemudian samakan bunyinya dengan senar 3 tanpa ditekan.

  5. Lanjut ke senar 5. Tekan senar 5 di fret ke 5. Kemudian samakan bunyinya dengan senar 4 tanpa ditekan.

  6. Terakhir senar 6. Tekan senar 6 di fret ke 5. Kemudian samakan bunyinya dengan senar 5 tanpa ditekan.
Sampai di sini sobat sudah berhasil menyetem gitar sendiri tanpa bantuan orang lain. Yang perlu sobat perhatikan manakala menyetem gitar menggunakan cara ini adalah kepekaan telinga sobat ketika menyamakan setiap bunyi senar dengan senar yang lain.

Sobat juga bisa membalikan urutan penyeteman gitarnya dari senar 6 (senar paling atas) ke senar 1 (senar paling bawah). Dan tata cara penyeteman nya masih sama seperti di atas. Tinggal dibalik saja sob.

Kelebihan menyetem gitar menggunakan cara ini adalah sobat akan mengerti kalau setiap senar pada gitar itu saling berhubungan. Nah, hal ini tentu akan membantu sobat ketika bermain-main dengan melodi.

Cara Menyetem Gitar Menggunakan Bantuan Aplikasi (gitar tuner)

Jika sobat tidak ingin merasakan ribetnya menyetem gitar menggunakan cara manual yang tadi saya jelaskan, alternatifnya sobat bisa menggunakan aplikasi penyetem gitar yang ada di android.

Berikut ini adalah daftar aplikasi penyetem gitar (guitar tunner) yang ada di playstore yang saya rekomendasikan.

  1. Penyetem Gitar - Pro Guitar - 5 Juta Download. 4,5 Rating.
    Link download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jrinnovation.proguitartuner
  2. Guitar Tunner Free - GuitarTuna - 10 Juta Download. 4,8 Rating.
    Link download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ovelin.guitartuna
  3. Menyetem Gitar - Ukulele, Gitar Akustik, & Listrik - 10 Juta Download. 4,5 Rating.
    Link download : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gismart.guitar.tuner
Silahkan sobat pilih 3 rekomendasi aplikasi penyetem gitar di atas sesuai dengan kriteria yang sobat inginkan.

Untuk langkah penggunaannya saya rasa sobat sudah paham. Karena kita tinggal membunyikan setiap senar pada gitar kita sampai aplikasi penyetem gitar di android mengatakan pas.

Penutup

Nah itulah 2 cara menyetem gitar yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa bantuan orang lain. Cara ini bisa dibilang sangat mudah, sehingga dapat dipraktekan oleh semua kalangan, termasuk para pemula yang baru belajar gitar seperti saya hehe. 

Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terima kasih.
Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

2 comments for "Cara Menyetem Gitar Sendiri 100% Akurat"

Post a Comment