Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Andai Google Adsense Bangkrut, Apa yang Terjadi?

Apa yang Akan Terjadi Jika Google Adsense Bangkrut ? - Pernahkah sobat membayangkan apa yang akan terjadi jika google adsense dinyatakan bangkrut ? Terbesit di pikiran saya untuk membahas hal ini, kira-kira apa aja dampaknya bagi pengguna internet.

Seperti yang kita tau kalau google adsense adalah perusahaan periklanan terbesar yang berbasis di 3 flatform sekaligus yakni Youtube (video), Blog (artikel), dan AdMob (aplikasi). Melihat skala Google Adsense yang cukup besar, rasanya sangat tidak mungkin jika Adsense mengalami kebangkrutan.

Sebagai seorang publisher Adsense, tentu tidak ada salahnya bagi kita untuk berandai-andai tentang nasib Google Adsense kedepannya akan bagaimana. Nah oleh karena itu di sini saya akan membahas dampak yang mungkin akan ditimbulkan jikalau adsense bangkrut atau tutup.

Tapi sebelum lanjut ke poin utama, alangkah baiknya kita bahas lebih dulu "Beberapa hal yang bisa menyebabkan Google Adsense Bangkrut".

Beberapa Kemungkinan yang Bisa Membuat Google Adsense Bangkrut

1. Banyak Publisher Curang.
Google Adsense ini terlalu baik, karena telah memberikan orang lain kemudahan untuk mencari pundi-pundi dolar dari Internet.

Karena sifatnya yang terlalu baik, tidak sedikit orang yang menyalahgunakan Google Adsense ini untuk keuntungan pribadi. Contoh kecilnya adalah menyuruh orang lain untuk klik iklan, saling klik iklan, nuyul, ternak adsense, dan hal-hal dilarang lainnya.

Kenapa hal tersebut bisa menyebabkan Google Adsense bangkrut ? Sederhananya gini sob, Google Adsense itu tetap eksis sampai sekarang karena adanya "Pengiklan" yang percaya untuk mempromosikan iklannya di Google Ads dengan harapan produk yang diiklankannya itu laku.

Tapi setelah Pengiklan ini menggunakan Google Ads sebagai sarana promosi produknya, ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan karena banyak iklannya yang diklik secara sengaja oleh para publisher curang, sehingga merasa dicurangi dan akhirnya boncos.

Jika hal ini terus berlanjut, maka citra Adsense akan menjadi jelek di mata para pengiklan karena dianggap kurang efektif dan banyak pemain blackhat.

2. Munculnya Pesaing Baru
Melihat popularitas Google Adsense yang begitu tinggi maka sangat tidak mungkin jika ada pendatang baru yang mampu menggeser posisi google adsense sebagai pengiklan paling populer di internet.

Tetapi jika kita mau belajar dari Friendster, dulu friendster juga adalah jejaring sosial yang sangat populer. Namun kenyataannya sekarang friendster kalah saing dengan facebook hingga akhirnya dinyatakan tutup pada tahun 2015.

Ditambahlagi sekarang ini banyak sekali penyalahgunaan Adsense untuk kepentingan diri pribadi, maka hal itu bisa saja menjadi penyebab turunnya tingkat kepercayaan Adsense di mata para pengiklan. Hingga akhirnya pengiklan akan lebih memilih mempromosikan iklannya di tempat lain.

Well, itu hanya beberapa hal kecil yang mungkin bisa menyebabkan Adsense bangkrut. Dan kayaknya pengaruhnya cuma beberapa % aja. Belum lagi sekarang ini banyak peraturan baru yang mungkin bisa menekan angka pemain curang.

Selanjutnya akan kita bahas poin utama postingan ini yaitu Apa yang Akan Terjadi Jika Google Adsense Bangkrut ?

Apa yang Akan Terjadi Jika Google Adsense Bangkrut ?

Setidaknya ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi jika google adsense mengalami kebangkrutan, di antaranya adalah :
  1. Banyak Pengangguran.
    Seperti yang kita tau kalau banyak orang yang telah menggantungkan hidupnya dengan Adsense. Mereka meninggalkan pekerjaan utama mereka demi bisa berfokus di adsense.

    Jika adsense dinyatakan bangkrut, tentunya hal itu akan menyebabkan orang-orang yang telah lama menggantungkan hidupnya di adsense akan kehilangan pekerjaannya dan akhirnya menganggur.
  2. Youtube akan Sepi Peminat.
    Pernahkah sobat berpikir tentang youtuber-youtuber yang rela melakukan hal-hal aneh di youtube seperti bikin challenge, prank, lalu ada juga yang rela bergadang untuk edit video, dan lain-lain.

    Mereka melakukan semua itu tidak semata-mata hanya hobi atau iseng aja sob. Ada keringat yang harus dibayar.

    Nah, jika Adsense bangkrut atau tutup istilahnya, maka siapa yang akan mensponsori para youtuber ini?

    Mau mengandalkan endorse seperti di instagram? Saya rasa itu hanya berlaku bagi youtuber-youtuber yang memang sudah memiliki jutaan subscriber. Dan mungkin penghasilannya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan penghasilan yang didapat dari Adsense.
  3. Artikel Berkualitas jumlahnya akan menurun di Penelusuran Google.
    Sama kasusnya seperti Youtube. Situs-situs berkualitas yang ada di internet umumnya memasang iklan adsense untuk mendapatkan uang dari internet. Kenapa harus Adsense? kalau ini sudah jelas ya sob tidak perlu ditanya lagi.

    Mereka (Pembuat konten) membuat artikel itu tidak mudah, melainkan dengan susah payah. Dimulai dari menentukan topik, riset keyword, melihat pesaing, sampai mulai menulis.

    Lalu tiba-tiba adsense dinyatakan bangkrut. Apa reaksi mereka? Apakah  akan tetap membuat artikel di blognya seperti biasa walaupun tanpa dibayar sepeserpun?

    Ya, walaupun ada alternatif lain selain adsense untuk memonetize situs seperti menggunakan adf.ly, affiliate, dan bisa juga paid review (sama seperti endorse).

    Tapi apakah penghasilannya akan sama seperti Adsense?
  4. Playstore hanya Berisi Aplikasi dari Perusahaan Terkenal.
    Jika kita lihat kondisi terkini playstore maka banyak sekali ditemukan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh Developer Kecil. Seperti contohnya adalah Game Tahu Bulat, Kids Jaman Now, Teka-Teki Silang, Tebak Gambar, dan lainnya.

    Aplikasi-aplikasi tersebut dibuat dengan susah payah. Mulai dari menentukan tema, desain, sampai kepada tahap coding. Yang di mana hal ini menurut saya sangat melelahkan karena harus berjam-jam duduk menatap layar monitor.

    Kebayangkan apa jadinya kalau Adsense dinyatakan tutup atau bangkrut ? Udah susah-susah bikin aplikasi tapi ga dapat uang, akhirnya gulung tikar deh.

    Jika para Developer kecil telah gulung tikar maka yang terisisa di playstore hanyalah perusahaan-perusahaan yang telah mempunyai nama seperti Facebook, Instagram, Twitter. Yang di mana mereka tidak menggunakan Adsense untuk mencari uang.
  5. Muncul Tren bisnis online lain.
    Jika kita perhatikan, fenomena bisnis online yang paling banyak digandrungi oleh orang-orang adalah ya Adsense ini.

    Lalu bagaimana jika tiba-tiba Adsense dinyatakan bangkrut? tentu saja dapat dipastikan kalau tren bisnis online yang sebelumnya berfokus kepada Adsense maka perlahan akan berpindah ke bisnis online lain.

    Sebut saja bisnis Dropship, Trading, Affiliate Marketing, dan lain-lain.


Simpulan :

Nah itulah beberapa dampak yang mungkin terjadi jika adsense dinyatakan bangkrut. Benar atau tidaknya dampak tersebut, setidaknya bisa memberikan kita gambaran tentang apa yang akan terjadi jika tidak ada adsense. Akankah tetap seperti biasa ? ataukah berubah ?

Sebagai seorang publisher adsense tentunya kita harus berupaya menjaga kepercayaan pengiklan untuk terus menggunakan adsense sebagai tempat promosi iklan. 

Bagaimana caranya ? Cara termudah bagi kita sebagai penayang iklan adalah dengan menghindari hal-hal seperti klik iklan sendiri, menyuruh orang lain klik iklan, nuyul, dan lainnya. Karena hal itu tidak ada bedanya dengan mencuri. 

Selain itu, buatlah konten yang benar-benar berkualitas hingga para pengiklan setuju kalau penayang iklan adsense adalah penayang-penayang yang terpilih.
Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

Post a Comment for "Andai Google Adsense Bangkrut, Apa yang Terjadi?"