Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Postingan Blog

Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Postingan Blog - Menghitung jumlah kata dalam sebuah artikel blog adalah suatu hal yang menurut saya penting untuk dilakukan. Karena banyak yang bilang jika sebuah artikel ingin masuk page one maka jumlah kata dalam artikel tersebut wajib dihitung dan diperhatikan.

Walaupun saya sendiri tidak terlalu memperhatikan berapa jumlah kata yang pas, asal tulisan dalam artikel enak dibaca itu sudah cukup buat saya. Karena percuma gitu loh bikin artikel panjang-panjang tapi isinya cuma kebanyakan basa-basi dan ngebahas hal yang semua orang udah tau.

Untuk mengetahui berapa jumlah kata pada sebuah tulisan atau artikel, sobat bisa menggunakan Cara Online dan juga Cara Offline. Berikut adalah ulasannya :

1. Cara Menghitung Jumlah Kata Menggunakan Tools Online

Sebetulnya ada banyak sekali tools WordCount online yang berfungsi untuk menghitung jumlah kata pada sebuah tulisan, tetapi di postingan ini saya menggunakan tools yang umumnya sering dipakai oleh kebanyakan orang. 

Selain menghitung jumlah kata pada sebuah tulisan, tools https://wordcounttools.com/ juga bisa menghitung jumlah huruf, jumlah huruf tanpa spasi, jumlah paragraf dan statistik lainnya. 

Ada satu hal yang menarik jika sobat menggunakan tools ini, yaitu sobat akan diberikan rekomendasi judul yang cocok untuk artikel sobat.
Untuk cara menggunakan tools penghitung kata yang ini saya rasa sobat semua sudah paham, jadi tidak perlu saya ulas lagi oke ? :D

2. Cara Menghitung Jumlah Kata Menggunakan Microsoft Word

Di semua komputer yang menggunakan OS Windows pasti terdapat aplikasi yang namanya Microsoft Word. Nah, aplikasi ini ternyata bisa kita gunakan untuk menghitung jumlah kata pada artikel blog sob. 

Untuk cara menghitungnya sobat tinggal copy tulisan yang akan dihitung jumlah katanya, setelah itu paste di Microsoft Word. Dan Secara otomatis jumlah kata pun akan ditampilkan.

Kekurangan mengecek jumlah kata menggunakan microsoft word ini adalah kita hanya akan diberikan informasi mengenai jumlah kata nya saja. Tidak seperti tools online https://wordcounttools.com/ yang memberikan informasi lengkap seperti jumlah huruf, jumlah paragraf, dan "rekomendasi judul yang pas untuk artikel kita nantinya".


Simpulan : 
Cara menghitung jumlah kata ini sangat cocok digunakan untuk para penulis, blogger, dan juga penjual "jasa penulisan artikel". 

Dari kedua cara menghitung jumlah kata pada artikel di atas, cara yang menurut saya paling worth it untuk dilakukan adalah dengan menggunakan Tools online. 
Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

Post a Comment for "Cara Menghitung Jumlah Kata Pada Postingan Blog"