Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Solder yang Kurang Panas

Cara Memperbaiki Solder yang Kurang Panas - Solder yang kurang panas bisa disebabkan oleh sisa-sisa timah yang menempel dan berkerak di ujung solderan. Jika tidak segera dibersihkan maka solder yang kita miliki akan menjadi tidak panas ketika digunakan.

Penyebab lain solder menjadi tidak panas adalah solder terlalu sering ditempelkan ke benda-benda berbahan plastik. Biasanya sih untuk melubangi. Nah ternyata hal itu akan menyebabkan sisa lelehan plastik tadi akan menempel di mata solder, dan jika dibiarkan maka soldernya tidak bisa digunakan untuk melelehkan timah.

Jika solder yang sobat miliki sudah berkerak dan tidak panas ketika digunakan maka sebaiknya sobat segera membersihkan ujung soldernya. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan solder agar bisa digunakan kembali tanpa mengeluarkan biaya ? Berikut adalah caranya.

Cara Memperbaiki Solder yang Kurang Panas

  1. Langkah pertama pastikan kalau solder yang sobat miliki benar-benar bermasalah tidak panas.
  2. Persiapkan alat berupa "Sikat Cuci Piring". Jika sobat tidak punya maka sobat bisa membelinya dengan harga yang tidak lebih dari 5 ribu.
  3. Ambil solder yang bermasalah lalu colokan ke stop kontak. 
  4. Dalam keadaan solder yang menyala, tusukan ujung solder yang penuh dengan sisa timah ataupun plastik ke Sikat Cuci Piring tadi.

  5. Lakukan hal ini berulang-ulang hingga ujung soldernya bersih mengkilap seperti baru.

  6. Selesai. Dan solderpun bisa digunakan seperti sediakala.

Jika soldernya sudah bersih dan dapat digunakan kembali maka langkah selanjutnya adalah melakukan pencegahan agar soldernya tidak kembali rusak. 

Salah satu pencegahan yang menurut saya paling ampuh adalah tidak sembarangan menempelkan ujung solder ke sembarang benda, apalagi benda berbahan plastik. Selain itu, lakukan pembersihan mata solder menggunakan sikat cuci piring ini secara berkala. Lebih bagus dibersihkan setiap habis dipakai.
Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

2 comments for "Cara Memperbaiki Solder yang Kurang Panas"

Post a Comment