Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kebijakan Baru yang Ditetapkan pada SBMPTN 2019

Kebijakan Baru yang Diterapkan pada SBMPTN 2019 - Belakangan ini kita dengar kabar bahwa Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menetapkan aturan baru mengenai pelaksanaan sbmptn tahun 2019 mendatang.
sumber gambar : kompas.com
Peraturan-peraturan sbmptn tahun 2019 sangatlah berbeda jika kita bandingkan dengan sbmptn tahun-tahun sebelumnya. Alasan ditetapkannya peraturan baru untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri 2019 adalah mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, akuntabel, serta sesuai dengan teknologi informasi di era digital saat ini.

Baiklah tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut adalah ketentuan yang ditetapkan untuk sbmptn 2019 mendatang.

1. Tes dulu, dapat nilai, baru mendaftar ke ptn.

Jika di sbmptn sebelumnya kita sebagai peserta ujian harus memilih lebih dulu universitas yang kita inginkan, kemudian ujian, dan menunggu pengumuman lolos atau tidaknya.

Nah, berbeda dengan sbmptn 2019 yaitu kamu diharuskan melaksanakan ujian terlebih dahulu, setelah itu dapat nilai, dan kemudian bisa mendaftar ke kampus yang diinginkan sesuai dengan nilai yang tadi didapat.

Tentunya hal ini sangat menguntungkan karena kita bisa bebas memilih kampus apapun yang sesuai dengan nilai yang kita dapatkan.

2. Hanya ada satu jenis ujian, yaitu ujian tulis berbasis komputer. 

Di sbmptn 2019 nanti, ujian tulis berbasis cetak (UTBC) resmi dihapuskan dan hanya akan menggunakan ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Sedangkan ujian berbasis android belum diterapkan.

Dengan diterapkannya ujian tulis berbasis komputer diharapkan hal itu akan membuat waktu pengerjaan soal akan lebih efisien karena para peserta tidak harus mengisi biodata seperti nama, tanggal lahir, nomor peserta, dan lain-lain.

Selain itu, keuntungan diterapkannya ujian tulis berbasis komputer adalah kita akan lebih leluasa dan fokus dalam pengisian soal tanpa takut kehabisan waktu. Karena kita mengisinya tinggal klik-klik saja hehe.

Berbeda dengan ujian tulis berbasis cetak, yang di mana tata cara pengisian soalnya adalah dengan menghitamkan jawaban yang kita anggap benar, dan menurut saya hal itu sangat menguras banyak waktu.

3. Hasil Ujian akan berbentuk nilai.

Jika di sbmptn tahun-tahun sebelumnya nilai tes tidak pernah diberitahukan, maka di sbmptn 2019 inilah nilai tes akan diumumkan kepada para peserta ujian.

Nantinya, nilai yang tadi didapat bisa kita pergunakan untuk mendaftar di universitas yang kita inginkan, tanpa kecuali.

4. Peserta Ujian bisa melakukan tes sebanyak 2 kali. 

Di sbmptn 2019 para peserta ujian boleh mengikuti tes sebanyak 2 kali. Nah, jika kita merasa belum puas dengan nilai tes yang pertama, maka kita bisa mengikuti tes yang kedua kalinya. Nantinya nilai yang dipakai untuk mendaftar ke universitas adalah nilai yang paling besar di antara tes pertama atau tes kedua.

5. Dilaksanakan sebelum ujian nasional selama 24 hari.

Biasanya sbmptn akan digelar setelah ujian nasional tingkat SMA berakhir. Nah,  di sbmptn 2019 ini kamu akan melaksanakan tes sebelum ujian nasional, tepatnya pada bulan Maret sampai pada bulan Mei 2019.

Ujian kali ini akan berlangsung selama 24 hari setiap Sabtu dan Minggu. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan para peserta ujian karena banyak sekali waktu luang yang bisa dipergunakan untuk mendalami materi-materi sbmptn.

Penutup

Nah kurang lebih seperti itulah perubahan-perubahan yang terjadi di sbmptn 2019 mendatang. Buat sobat semua yang kebetulan lulus di tahun 2019 atau para pejuang yang gagal di sbmptn sebelumnya seperti saya, maka kita harus mulai membuat komitmen untuk belajar mulai dari hari ini, sampai saat pertempuran itu datang hehe.

Mungkin cukup sekian untuk artikel kali ini, apabila ada yang ingin ditambahkan silahkan berkomentar melalui kolom komentar di bawah.


Referensi :
https://nasional.tempo.co/read/1139670/5-aturan-main-baru-sbmptn-2019
https://blog.ruangguru.com/7-kebijakan-baru-sbmptn-2019-untuk-kamu-para-pejuang-ptn
https://edukasi.kompas.com/read/2018/10/23/06464291/perhatikan-ini-6-aturan-baru-sbmptn-2019
Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

Post a Comment for "5 Kebijakan Baru yang Ditetapkan pada SBMPTN 2019"