Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Dolar Kuning di Video Youtube

Cara Mengatasi Dolar Kuning di Video Youtube - Terkadang ketika kita baru mengupload sebuah video dan langsung memonetisasi video tersebut ternyata dolar nya berwarna kuning. Pernahkah sobat mengalaminya? Dan sebetulnya apa itu dolar kuning? Kenapa bisa berwarna kuning?

Pada dasarnya video yang dimonetisasi umumnya mempunyai icon dolar berwarna hijau. Nah, jika icon dolarnya tidak berwarna hijau melainkan berwarna kuning, mungkin ada sesuatu yang salah dengan video tersebut.

Baca juga : Cara Menyimpan Video Youtube ke Galeri HP Tanpa Aplikasi

Apa itu dolar kuning?

Dolar kuning adalah sebuah pertanda kalau video yang sobat upload tidak memenuhi persyaratan bagi sebagian besar pengiklan di youtube. Sehingga, iklan yang akan tampil di video dengan dolar kuning cenderung lebih sedikit ketimbang video yang mempunyai icon dolar hijau.

Tentunya hal ini sangat tidak diinginkan oleh sebagian besar youtuber karena sudah membuat video berjam-jam eh ternyata malah mendapat dolar berwarna kuning -_-

Penyebab Dolar kuning

Beberapa waktu lalu saya sempat mengupload sebuah video berjudul Cara Mengirim bom Chat Whatsapp. Setelah itu sayapun dikagetkan dengan logo dolar nya yang berwarna kuning, dan agak heran juga kenapa bisa begitu. Soalnya baru kali ini saya mendapat dolar berwarna kuning di video yang saya upload.

Tak pakai lama, saya pun langsung menanyakan masalah ini di sebuah grup Adsense kenapa video saya mempunyai dolar berwarna kuning? 

Dan alhamdulillah saya langsung menemukan jawaban dari permasalahan ini. Ada salah seorang member yang menyarankan saya untuk mengubah judul, deskripsi, atau thumbnail video. Karena menurut dia ketika sebuah video mempunyai judul atau deskripsi yang mengandung kata terlarang maka secara otomatis video tersebut akan mempunyai logo dolar berwarna kuning. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa penyebab sebuah video mempunyai logo dolar berwarna kuning adalah karena video tersebut mempunyai judul, deskripsi, atau thumbnail yang dilarang.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, penyebab dolar kuning adalah karena adanya kata-kata terlarang yang terdapat pada judul, tag, deskripsi, atau thumbnail video. Sehingga solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan menghapus kata tersebut dan menggantinya dengan kalimat lain.

Contohnya adalah Video saya yang awalnya berjudul Cara Mengirim Bom Chat Whatsapp kemudian saya ganti menjadi Cara Mengirim ribuan chat whatsapp. Dan alhamdulillah dalam waktu beberapa jam dolarnya kembali berwarna hijau :) 

Jadi tidak sia-sia deh.

Penutup

Nah mungkin cukup sekian untuk tips mengatasi dolar kuning di video youtube. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa kita tidak bisa sembarangan dalam mengupload sebuah video ke youtube. Karena saat ini youtube mempunyai program untuk memberantas konten-konten negatif. Salah satu alasannya adalah agar para pengiklan mau beriklan di youtube. 

Semoga bermanfaat:)
Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

Post a Comment for "Cara Mengatasi Dolar Kuning di Video Youtube"