Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Proposal 17 Agustus untuk Karang Taruna Tingkat RT

Setiap tanggal 17 Agustus pastinya daerah-daerah di Indonesia ramai mengadakan perlombaan. Perlombaan ini berlangsung untuk menyambut sekaligus memeriahkan hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI). Dan secara tidak sadar perlombaan ini juga dapat mempererat tali persaudaraan dan juga kerukunan antar warga di Indonesia.

Tapi tahukah sobat kalau perlombaan yang setiap tahunnya rutin diadakan tersebut ternyata tidak otomatis langsung digelar begitu saja. Melainkan ada proses-proses tertentu yang dilakukan oleh panitia penyelenggara. Biasanya pihak karang taruna (pemuda) di suatu RT yang jadi panitianya.

Nah, salah satu proses tersebut adalah membuat proposal atau permohonan. Dalam membuat proposal memang tidak bisa sembarangan, karena proposal ini mencakup keseluruhan agenda dari kegiatan 17 Agustus yang akan diselenggarakan. Sehingga wajib hukumnya melakukan musyawarah dengan beberapa orang yang akan menjadi panitia, dan dengan persetujuan pengurus RT / RW di desa setempat.

Bagi sebagian orang yang mungkin belum pernah menjadi panitia kegiatan 17 Agustus, istilah proposal tentunya masih terdengar asing dan membingungkan. Terlebih jika tidak ada orang yang berpengalaman sama sekali dibidang ini. Pasti bakal pusing 17 keliling :D

Apa itu proposal? Seperti apa contohnya?

Secara sederhana proposal adalah suatu rangkaian acara yang telah disusun sedemikian rupa secara sistematis dan terperinci. Proposal biasanya dijadikan sebagai alat pengajuan dana ketika akan menggelar suatu acara (misalnya: Kegiatan 17 Agustus) kepada pihak ketiga (dalam hal ini berarti warga / masyarakat yang menjadi pihak ketiganya).

Memang tidak mudah dalam membuat suatu proposal, karena sebisa mungkin kita harus menuliskan daftar kegiatan secara terperinci dalam selembar kertas. Oleh sebab itulah saya tidak ingin menjadi panitia, karena cukup melelahkan.

Namun sobat tidak perlu khawatir, soalnya zaman sudah semakin canggih. Saat ini sobat bisa menyusun suatu proposal 17 Agustus hanya dalam waktu kurang dari 10 menit. Caranya adalah dengan meniru contoh proposal kegiatan 17 Agustus yang sudah jadi. Ada banyak sekali contoh proposal yang bisa sobat tiru. Nah, salah satunya adalah di bawah ini.

Contoh Proposal 17 Agustus versi pdf / dokumen


Jika sobat tertarik ingin mencontoh proposal 17 Agustus yang sudah jadi tersebut, sobat tinggal copy lalu paste ke microsoft word. Atau sobat juga bisa langsung mengunduhnya dengan cara menekan tombol panah ke bawah. Setelah itu jangan lupa edit data-datanya sedemikian rupa supaya sesuai dengan data yang sobat hendaki. Seperti : tanggal, nama panitia, nama kota, rt/rw, jenis perlombaan, dan lain-lain yang mestinya disesuaikan.

Yups kurang lebih seperti itulah contoh proposal 17 Agustus yang bisa sobat tiru untuk tingkat RT. Silahkan dipraktikan jika sobat sedang membutuhkannya. Apabila ada yang ingin ditanyakan, tulis melalui kolom komentar di bawah. Akan saya jawab dengan sebaik mungkin.
Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

Post a Comment for "Contoh Proposal 17 Agustus untuk Karang Taruna Tingkat RT"