Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Barcode Whatsapp Sendiri dengan Cepat

Cara Melihat Barcode WA Sendiri - Whatsapp memang terkenal sebagai aplikasi messenger yang memiliki banyak fitur canggih dan juga praktis. Dari berbagai fitur menarik yang ada di whatsapp, salah satu yang saya sukai adalah Whatsapp Web. Whatsapp Web sendiri merupakan fitur yang telah lama ada. Namun entah kenapa masih saja banyak orang yang mengabaikan fitur yang satu ini.

Whatsapp web adalah sebuah layanan yang bisa kita gunakan untuk menghubungkan whatsapp pada ponsel agar bisa digunakan di komputer / laptop. Sobat bisa menggunakan whatsapp web layaknya whatsapp biasa, seperti chatting, melihat story, melihat kiriman video, dan lain-lain. Namun sayangnya di whatsapp web sobat tidak dapat melakukan panggilan video atau pun panggilan suara.
Contoh penggunaan whatsapp web.
Salah satu alasan yang masuk akal kenapa banyak orang yang tidak menggunakan fitur whatsapp web adalah karena proses menyambungkan nomor whatsapp ke whatsapp web terlihat begitu sulit, terutama bagi orang awam. Padahal pada kenyataannya proses ini tidaklah terlalu sulit, bahkan bisa saya katakan cukup mudah, karena hanya membutuhkan satu teknologi bernama barcode. Barcode sendiri adalah kumpulan data tertentu yang hanya mampu dibaca oleh suatu aplikasi / mesin khusus yang telah dirancang sebelumnya.

Sedikit penjelasan mengenai barcode whatsapp.

Barcode yang digunakan whatsapp adalah jenis barcode dengan versi yang paling terbaru, yaitu QR Code yang mempunyai bentuk 2 dimensi. QR Code sendiri memiliki singkatan "Quick Response Code", yang berfungsi sebagai pemberi informasi dengan cepat, bahkan lebih cepat daripada pendahulunya. Selain itu, terdapat kelebihan lain yang dimiliki QR Code, yakni, QR Code (Barcode Whatsapp versi terbaru) dapat menyimpan data pengguna lebih besar daripada generasi sebelumnya.

Lalu apa kegunaan barcode / QR code yang baru saja saya jelaskan? Lebih singkatnya, kegunaan dari QR Code Whatsapp ini adalah untuk menghubungkan whatsapp yang ada di smartphone agar bisa dioperasikan melalui komputer dengan cara mengirimkan data-data seperti history percakapan, daftar kontak, dan data lainnya.

Cara kerja dari QR code ini adalah dengan memanfaatkan kamera belakang pada ponsel Android. Sehingga, sobat perlu memerhatikan kualitas dan juga kemampuan kamera hp sobat agar proses pen-scan-an (scanning barcode) bisa berjalan dengan baik.

Baca juga : Cara Membuat Stiker Whatsapp dengan Menggunakan Foto Sendiri

Oleh karena itulah banyak terjadi kekeliruan atau kebingungan saat membuka pilihan Whatsapp Web yang ada di smartphone. Karena mereka akan disuruh untuk mengarahkan kamera pada barcode. Sedangkan mereka tidak tahu barcode yang seperti apa yang dimaksud wkwk :v

Nah, oleh sebab itulah di sini saya ingin berbagi cara untuk mengetahui barcode whatsapp milik sendiri agar bisa dihubungkan ke whatsapp web. Silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Melihat Barcode Whatsapp Sendiri dengan Cepat

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah membuka aplikasi Whatsapp. 
  2. Setelah itu pergi ke pengaturan (tombol titik tiga yang terletak di pojok kanan atas), kemudian pilih Whatsapp Web.
  3. Setelah itu sobat akan disuruh untuk membuka situs web.whatsapp.com melalui perangkat laptop atau komputer.
  4. Pada halaman web.whatsapp.com yang telah sobat akses melalui laptop, akan terdapat sebuah barcode. Nah barcode itulah yang mestinya sobat scan. Maka langkah selanjutnya adalah arahkan kamera smartphone sobat ke barcode tersebut.
  5. Sehingga pada akhirnya secara otomatis whatsapp yang ada di smartphone sobat dapat di akses melalui komputer atau laptop.
Setelah sobat melakukan ke lima langkah di atas, sobat dapat menggunakan whatsapp melalui komputer. Hanya saja ada satu hal yang harus sobat ketahui yaitu, ketika smartphone sobat dalam keadaan tidak aktif, maka sobat tidak bisa mengakses whatsapp melalui whatsapp web.

Demikianlah artikel berjudul cara melihat barcode wa sendiri dengan cepat. Semoga artikel ini dapat membantu.

Apabila ada pertanyaan, silahkan lempat melalui kolom komentar di bawah.
Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

Post a Comment for "Cara Melihat Barcode Whatsapp Sendiri dengan Cepat"