Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word 2010 untuk Pemula

Kop Surat adalah salah satu bagian terpenting pada surat. Tanpa adanya Kop, kemungkinan besar surat yang dibuat akan  terkesan tidak resmi dan seperti asal-asalan. Oleh karenanya, menambahkan kop ke dalam surat sangatlah penting. Apalagi jika sudah menyangkut nama organisasi atau mungkin perusahaan besar. Pastilah Kop Surat wajib untuk dibuat.

Namun ternyata, masih saja ada orang yang tidak bisa membuat kop surat. Bahkan lebih parahnya lagi mereka tidak tahu apa itu kop surat? Saya sendiri baru paham dengan istilah 'kop surat' ketika beberapa bulan bekerja di sebuah kantor pembuatan surat.

Awalnya saya juga tidak paham sama sekali dengan kop surat. Namun berkat rasa penasaran saya, sayapun browsing di google mencari pengertian dari kop surat dan seperti apa contohnya. Dan pada akhirnya sayapun paham apa yang dimaksud kop dan bagaimana cara membuatnya :)

Untuk membuat KOP Surat sebetulnya sangat mudah bin gampang sekali. Semua orang pasti bisa melakukannya, termasuk para pemula seperti saya contohnya hehe.

Sebelum kita masuk ke tahap pembuatan KOP surat, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan bagian-bagian yang ada di dalam kop surat.

  1. Logo / Gambar
    Logo dapat dipastikan ada di setiap kop surat, baik surat dari pemerintahan maupun perusahaan swasta. Logo ini biasanya diletakan di sebelah kiri atau kanan judul kop surat. Dan gambar yang dijadikan logo lazimnya adalah maskot resmi dari organisasi / pihak pembuat surat tersebut.

    Namun untuk surat dari RW atau Organisasi nonresmi biasanya logo tidak terlalu diperlukan, sehingga cukup membuat teks saja tanpa ada gambar.
  2. Judul
    Judul merupakan bagian paling penting, karena tanpa ada judul kop surat tidak akan berhasil dibuat. Jadi, kalau sobat ingin membuat kop surat, pastikan memasukan judul.

    Judul pada kop surat biasanya menggunakan huruf bercetak tebal/bold dan menggunakan font Times New Roman atau Arial. Dan dengan ukuran sekitar 18 - 24, tergantung kebutuhan sob. Tapi rata-rata sih segitu ukuran teksnya.

    Judul biasanya dibuat menjadi beberapa baris. Namun ada juga Kop surat yang menggunakan judul hanya satu baris saja. Biasanya sih surat-surat dari Perusahaan Swasta. Nah, sedangkan untuk surat dari pemerintah, biasanya membuat lebih dari 3 baris judul. Nanti saya berikan contohnya di bawah.
  3. Subjudul
    Pada bagian subjudul, sobat bisa menambahkan info tambahan berupa alamat atau no telpon pihak yang membuat surat tersebut.
  4. Aksesori Tambahan
    Nah pada bagian ini sebetulnya cuma opsi aja ya sob. Sobat bisa menambahkan Aksesori lain seperti Slogan atau Jenis Pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan / pihak yang mengeluarkan surat tersebut. 
Nah tadi kita sudah berkenalan dengan bagian-bagian yang biasanya ada dalam sebuah kop surat. Sekarang sudah saatnya kita masuk ke pembahasan cara membuat kop surat di Microsoft Word 2010. 

Kenapa harus di Microsoft Word? Karena Ms Word adalah software dasar yang mestinya harus dikuasai oleh seseorang yang ingin mendalami lebih jauh ilmu komputer. 

  1. Langkah pertama yang mesti sobat lakukan adalah buka program Microsoft Office Word yang ada di Laptop / Komputer sobat.
  2. Setelah itu klik dua kali pada bagian atas / header dokumen untuk membuat kop yang terpisah dari isi surat.
  3. Jangan lupa ubah ukurannya agar lebih luas dengan cara menarik margin yang ada di sebelah kiri.

  4. Langkah selanjutnya, buatlah sebuah tulisan yang sobat inginkan. Sobat bisa menggunakan jenis font Times New Roman dengan ukuran sekitar 18-22 pt. Hingga menjadi seperti ini :

  5. Selanjutnya kita bisa menambahkan sebuah logo yang akan diletakan di bagian kiri tulisan. Caranya klik menu Insert => Picture dan pilih logo yang akan dimasukan. 
  6. Setelah itu pastinya logo tersebut akan menutupi atau tidak beraturan seperti ini.

  7. Nah, untuk mengatasinya kita perlu mengubah format gambarnya dengan cara klik kanan pada gambar lalu pilih format picture dan klik behind text.
  8. Lalu pindahkan logo tersebut ke sebelah kiri teks dan jangan lupa ubah ukurannya. Hingga menjadi seperti ini.
  9. Sampai tahap ini sebetulnya kop surat sudah berhasil dibuat. Cuma kita belum membuat garis pembatas antara Kop surat dengan isi surat. Untuk membuat garis tersebut caranya sangat mudah sekali. 
  10. Klik insert, pilih shape, kemudian pilih Line.


  11. Kemudian buatlah garis horizontal dari kiri ke kanan seperti ini.
  12. Ubah jenis dan ketebalan garisnya.
  13. Duplikat garis tersebut dengan menekan tombol ctrl dan tarik kebawah menggunakan mouse. 
  14. Pada garis kedua, sobat ubah ketebalannya menjadi lebih tipis dari garis pertama. Hingga menjadi seperti ini.

  15. Selesai deh.
Nah kurang lebih seperti itulah langkah pembuatan kop surat yang biasa dilakukan oleh orang-orang kebanyakan ketika membuat kop surat di program Microsoft Office Word, terutama untuk versi 2010. 

Bagi sobat pengguna MS Word versi 2007 atau 2013, sebetulnya tidak masalah. Karena prinsip pembuatannya tetaplah sama seperti yang tadi sudah saya jelaskan di atas. 

Yaps, semoga artikel ini bermanfaat. Apabila ada yang ingin ditanyakan. Tulis dikomentar. Akan saya jawab dengan sebaik mungkin.

Terima kasih.

Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

Post a Comment for "Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word 2010 untuk Pemula"