Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Istilah Jual Beli Online Paling Populer yang Wajib Diketahui

Istilah Jual Beli Online Paling Populer yang Wajib Diketahui - Ketika melakukan transaksi jual beli online sering kita temui sebuah kata atau istilah yang cukup asing di telinga kita. Contohnya : Rekber, Palkor, CLBK, Ripper, dan masih banyak lagi.

Entah darimana munculnya istilah-istilah tersebut. Yang jelas, kita wajib banget tuh buat memahami atau paling tidak, tau mengenai istilah-istilah yang ada di dunia jual beli online. Tidak usah semua, minimal beberapa kata yang populer aja sob.

Kenapa kita wajib mengetahui istilah-istilah jual beli online? Alasannya sederhana sob. Dengan kita mengetahui istilah-istilah yang ada di forum jual beli online, maka kita akan "nyambung" ketika menyimak percakapan orang-orang yang ada di forum tersebut.

Sedangkan jika kita tidak tau istilah atau kata di dunia jual beli online pastinya kita akan dibuat kebingungan layaknya orang tersesat, dan yang paling parah mungkin sobat bisa salah mengartikan. Jangan sampai deh hehe.

Nah, mengingat betapa pentingnya mengenal istilah-istilah jual beli online, berikut adalah daftar kata atau istilah jual beli online paling populer yang sering dipakai di forum-forum jual beli online.

1. Ane, Gan dan Sis
Istilah "gan dan sis" adalah istilah yang paling familiar dan populer di forum jual beli online. Istilah tersebut sangat sering digunakan oleh orang-orang untuk menyebut orang lain yang ada di forum tersebut.

Istilah Gan/Agan adalah sebutan untuk kaum laki-laki yang di mana kata Agan berasal dari kata Juragan.

Contoh penggunaan istilah gan/agan :
 "Ini berapa gan?", "Agan posisi di mana?", "Oke gan".

Sedangkan Sis/Sista adalah sebutan untuk kaum perempuan ketika melakukan transaksi jual beli online. Istilah sis/sista sendiri berasal dari kata Sister, yang berarti kaka perempuan.

Contoh penggunaan istilah sis/sista :
"Ini ukuran berapa sis?", "Yang ukuran itu tinggal satu kayak nya sis", "Sista mau yang warna apa?"

Sebetulnya, Gan dan Sis adalah istilah yang pada mulanya populer di Kaskus. Kemudian lama-kelamaan akhirnya familiar di forum-forum atau komunitas online lain (tidak hanya forum jual beli online).

Oh iya, selain istilah "Gan dan Sis", ada juga kata "Ane" yang di mana istilah ini sama populernya dengan "Gan dan Sis".

"Ane" digunakan untuk menyebut diri sendiri (kata lain dari aku, saya, gue). Kata "Ane" berasal dari bahasa Arab yaitu "Ana".

2. WTB dan WTS
WTB dan WTS sebetulnya bukan kata, melainkan sebuah singkatan yang berasal dari bahasa Inggris.

WTB adalah singkatan dari Want To Buy, yang berarti jika ada orang yang menggunakan istilah WTB, maka orang tersebut berniat ingin membeli sesuatu.

Sedangkan WTS adalah kebalikan dari WTB, yaitu Want To Sell. Jika seseorang menggunakan istilah WTS maka orang tersebut berniat ingin menjual.

3. Palkor/PHP
Palkor adalah sebuah istilah jual beli online yang terbilang baru. Saya sendiri baru mengenal istilah palkor ini beberapa bulan yang lalu.

Palkor adalah singkatan dari Pala Korengan (Kepala Korengan). Yang di mana sebutan "Palkor" ini ditujukan untuk orang yang sudah membuat janji akan bertemu di suatu tempat, tetapi tiba-tiba tidak ada kabar, menghilang begitu saja bagai ditelan bumi. Istilah lainnya yaitu PHP, Pemberi Harapan Palsu.

4. CLBK (Chat Lama Beli Kaga)
CLBK sendiri ditujukan untuk pembeli yang kebanyakan nanya tetapi ujung-ujungnya tidak jadi beli.

CLBK adalah salah satu hal yang sangat dibenci para penjual barang online. Bagaimana tidak, sudah menjawab banyak pertanyaan lewat chat, eh ujung-ujungnya tidak jadi beli wkwk.

5. Pre Order dan Ready Stock
Istilah Pre Order menandakan kalau barang yang dijual belum diproduksi. Barang akan segera diproduksi atau tersedia apabila ada pembeli yang memesan barang tersebut. Barang Pre Order biasanya adalah barang import atau berbentuk makanan.

Sedangkan Ready Stock adalah kebalikan dari Pre Order. Ready Stock menandakan kalau barangnya sudah tersedia, sehingga pembeli tinggal klik beli saja.

Proses transaksi barang pre order cenderung lebih lama dibandingkan barang ready stock.

6. Ripper
Ripper adalah sebutan untuk penipu yang ada di internet. Istilah ini cukup familiar dan sering digunakan di forum-forum jual beli online.

Ciri-ciri ripper adalah dia menggunakan akun klonengan (akun palsu), selain itu ketika bertransaksi biasanya si riper enggan menggunakan jasa rekber (rekening bersama).

7. Rekber (Rekening Bersama)
Rekber atau Rekening Bersama yaitu sebuah jasa yang ada di internet untuk meminimalisir terjadinya penipuan di internet.

Rekber sendiri adalah seorang penengah di antara pembeli dan penjual. Cara kerja rekber adalah dia (rekber) memegang uang pembayaran milik pembeli. Jika barang yang dibeli sudah ada ditangan si pembeli, maka uang tadi akan langsung diserahkan kepada penjual.

Ketika transaksi sukses maka si rekber ini akan mendapatkan imbalan atau fee.

Contoh rekber : Bukalapak, Tokopedia, P-Store.

8. Testi/Testimonial (Bukti Konsumen)
Testimonial biasanya dibuat untuk meyakinkan pembeli agar mau bertransaksi dengan penjual. Testimonial sendiri adalah berupa bukti tingkat kepercayaan dan kepuasan pelanggan kepada penjual tersebut.

9. PM (Private Messages), JaPri (Jalur Pribadi)
Istilah PM atau private messages adalah sebutan untuk pesan pribadi. PM biasanya digunakan oleh pembeli dan penjual untuk membahas hal yang lebih mendetail lagi sob, seperti menanyakan kondisi barang, ukuran, warna, dan hal-hal yang penting lainnya sebelum akhirnya deal.

Selain PM, ada juga istilah lain yang cukup populer yaitu JaPri yang mempunyai maksud yang sama yaitu untuk mengirim pesan pribadi.
86

10. Nego 
Nego mempunyai arti kalau barang yang dijual bisa ditawar. Nego sendiri sudah mengalami penambahan kata seperti Nego Tipis (Barang bisa ditawar tapi cuma sedikit).

11. BNIB dan BNOB
BNIB merupakan singkatan dari Brand New In Box. Yang menandakan barang tersebut masih baru dan masih di dalam dus.

Sedangkan BNOB adalah singkatan dari Brand New Out Box. Yang menandakan kalau barang tersebut sudah keluar dari dusnya, tetapi kondisi barangnya masih baru. Biasanya sih cuma dicek aja, habis itu dimasukan lagi ke dalam dusnya.

12. UP
Istilah up sering disalahartikan sebagai kata untuk menolak pesanan. Padahal, istilah up digunakan untuk menyundul atau menaikan lapak kita agar tidak tenggelam.

13. TS (Thread Starter)
TS atau Thread Starter Adalah orang yang membuat sebuah postingan atau lapak.

Demikianlah beberapa istilah jual beli online yang sering digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Dengan mengetahui istilah-istilah tersebut maka diharapkan kita tidak lagi kebingungan dengan percakapan orang-orang yang ada di forum jual beli online.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar istilah-istilah jual beli online, bisa kita diskusikan melalui kolom komentar di bawah. Atau sobat juga bisa menambahkan apabila ada kata atau istilah lain yang cukup familiar.
Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

Post a Comment for "13 Istilah Jual Beli Online Paling Populer yang Wajib Diketahui"