Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasukan Subtitle ke Dalam Film dengan Mudah

Cara Memasukan Subtitle ke Dalam Film dengan Mudah - Bagi Anda yang seorang penggemar film tentu tidak asing lagi dengan yang namanya subtitle. Subtitle adalah sebuah teks khusus yang dibuat untuk memudahkan penonton film untuk mengetahui apa yang sedang dibicarakan oleh pemeran dalam suatu film, terutama film berbahasa Inggris, China, Korea (Drakor), dan lainnya yang memang mengharuskan ditambahkannya sebuah teks berbahasa Indonesia atau subtitle.
Untuk memasukan subtitle ke dalam sebuah film maka diperlukan suatu aplikasi pemutar media khusus yang mendukung fitur penambahan subtitle. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk menambahkan subtitle ke dalam film. Berikut adalah daftarnya.

Aplikasi pemutar film di Android yang support subtitle eksternal :
  1. Android Video Player - XPlayer
  2. VLC for Android
  3. GOM Player
  4. Pemutar video Semua format
  5. dan lainnya. 
Silahkan pilih aplikasi pemutar video yang kamu inginkan, namun saya menyarankan untuk memilih Android Video Player saja, karena di postingan ini saya akan menggunakan Android Video Player untuk tutorialnya. Kamu bisa mendapatkannya dengan mendownload di playstore.

Aplikasi pemutar film di laptop/komputer (windows) yang support subtitle eksternal :
  1. VLC media Player
  2. MPC-HC
  3. dan lain-lain
Jika di Laptop kamu belum terdapat VLC media Player, silahkan kamu download terlebih dahulu melalui link berikut

Untuk bisa memasukan subtitle ke dalam film tentunya diperlukan file subtitle. Nah, untuk mendapatkan file subtitle tersebut sebetulnya ada beberapa cara. Cara yang pertama adalah kita membuat subtitle filmnya secara manual menggunakan software editing seperti sony vegas, premiere pro, dan lain-lain. Nah cara yang kedua lebih gampang yaitu kita tinggal mendownload subtitle film yang sudah jadi di situs-situs penyedia subtitle berbagai macam bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Berikut adalah daftar situs penyedia subtitle film berbahasa Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk mencari subtitle.
  1. Subscene.com
  2. opensubtitles.org
  3. moviesubtitles.org
  4. dan masih banyak lagi. 
Oke, tadi sudah saya jelaskan tentang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk bisa menambahkan subtitle ke dalam sebuah film. Sekarang saatnya saya akan langsung memulai langkah-langkah untuk memasukan subtitle ke film. Berikut adalah tahapannya.

#Tahap 1 >  Mencari subtitle di situs subscene.com :
  1. Langkah pertama buka situs subscene.com
  2. Setelah itu ketik di pencarian nama film yang kamu inginkan. Di sini saya ingin mencari subtitle untuk film "Spongebob : Out of Water".
  3. Kemudian akan langsung keluar subtitle film yang sesuai dengan kata kunci yang tadi kamu masukan. Pilih subtitle film yang sesuai dengan tahun dirilisnya. Spongebob Out of Water dirilis pada tahun 2015, maka saya akan pilih yang tahun 2015 sob.
  4. Selanjutnya kita cari subtitle yang menggunakan bahasa Indonesia ya sob. Jika sudah ketemu, langsung klik saja.
  5. Klik Download Indonesian Subtitle.
  6. Selesai!
Nah tahap pencarian subtitle pun telah selesai dilakukan, tahap selanjutnya akan kita bahas cara memasukan subtitle ke dalam film. Di sini saya ingin menjelaskan untuk pengguna Windows (laptop) dan Android (smartphone).

Cara Memasukan Subtitle ke Dalam Film di Laptop dengan Mudah

  1. Langkah pertama pastikan kamu sudah menyiapkan file subtitlenya.
  2. Jika sudah, putar film yang ingin kamu tambahkan subtitle menggunakan aplikasi VLC Media Player. Di tutorial ini saya ingin memutar film spongebob out of water.

  3. Klik Subtitle => Add Subtitle File.
  4. Lalu pilih subtitle nya yang tadi sudah didownload.
  5. Jika berhasil, maka akan muncul tulisan Subtitle
  6. Selesai!

Nah barusan telah dijelaskan tentang cara memasukan subtitle ke dalam film untuk pengguna laptop. Selanjutnya akan saya bahas untuk para pengguna smartphone android. 

Cara Memasukan Subtitle ke Dalam Film di Android dengan Mudah

  1. Langkah Pertama pastikan kamu sudah menyiapkan file subtitle yang berbentuk .srt. Jika sudah silahkan langsung buka filmnya menggunakan Android Video Player - XPlayer (bisa didownload di playstore).
  2. Selanjutnya klik pengaturan lalu pilih subtitle.
  3. Tap tulisan Buka Dari.
  4. Selanjutnya pilih file subtitle yang telah kamu siapkan sebelumnya. Harus berbentuk .Srt ya.
  5. Selesai. Selamat menonton :D
Nah kurang lebih seperti itulah langkah-langkah untuk memasukan subtitle ke dalam sebuah film di laptop maupun di android. Hal terpenting yang harus kamu perhatikan adalah file subtitle, karena biasanya sering saya mendapatkan subtitle yang tidak sinkron dengan filmnya. Oleh karena itu saya sarankan untuk tidak sembarangan memilih subtitle film. Pilihlah subtitle dari penyedia terpercaya seperti IDFL, 
Ok sob mungkin cukup sekian untuk artikel kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan langsung tanya aja melalui kolom komentar di bawah. 

Semoga bermanfaat:)
Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

Post a Comment for "Cara Memasukan Subtitle ke Dalam Film dengan Mudah"