Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

#3 Cara Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7


#3 Cara Mengatur Komputer Agar Mati Otomatis
- Pernahkah kamu mengerjakan sebuah tugas atau project hingga larut malam? Sampai-sampai kamu ketiduran dan tak sadar kalau laptop nya lupa tidak dimatikan?. Bagi seorang mahasiswa, kejadian seperti itu bukanlah suatu hal aneh lagi karena sudah dianggap hal biasa oleh mereka.


Saya sendiri pernah ketiduran dan laptop masih dalam keadaan menyala, walaupun laptopnya sudah diset ke mode sleep otomatis, namun tetap saja mungkin hal itu akan menyebabkan suatu kerusakan bagi laptop saya nantinya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut sayapun langsung 'browsing' di google untuk mencari solusi bagaimana agar laptop bisa shutdown secara otomatis. Sehingga nantinya ketika saya ketiduran lagi maka laptop pun ikut tidur juga, hehe.

Dan akhirnya sayapun menemukan beberapa cara supaya laptop kita bisa shutdown sendiri. Cara yang pertama yaitu menggunakan Command Prompt (CMD). Cara yang kedua menggunakan notepad (dengan membuat sebuah file .BAT). Dan cara yang ketiga menggunakan sebuah aplikasi shutdown otomatis untuk komputer/pc.

Baiklah, berikut ini saya uraikan 3 cara untuk mengatur komputer agar shutdown otomatis.

#1. Menggunakan perintah shutdown timer di Command Prompt

Command Prompt adalah sebuah aplikasi yang bisa menjalankan berbagai macam perintah pada sistem operasi windows. Dari berbagai macam perintah yang bisa dilakukan oleh Command Prompt, salah satu perintah yang bisa kita buat adalah perintah shutdown timer.

Perintah shutdown timer ini bisa kita manfaatkan agar komputer kita nantinya bisa shutdown/mati secara otomatis tanpa perlu kita melakukan log off komputer.

Bagaimana caranya? berikut adalah langkah-langkahnya :
  1. Langkah pertama tekan Windows + R pada keyboard. 
  2. Setelah itu ketik CMD dan klik OK.
  3. Kemudian ketikan perintah "shutdown /s /t 300" tanpa tanda kutip. Kemudian tekan enter.
  4. Setelah itu akan muncul peringatan seperti ini, yang menandakan kalau komputer kita akan shutdown otomatis dalam waktu 5 menit ke depan.
  5. Selesai
Lalu pertanyaannya adalah bisakah kita mengatur waktu shutdown nya bukan 5 menit melainkan lebih lama lagi? Tentunya bisa sob.

Perintah "shutdown /s /t 300" yang tadi sobat ketikan memiliki arti tersendiri. /s memiliki arti shutdown, dan /t artinya timer. Sedangkan angka 300 adalah waktu dalam satuan detik. 

Pada contoh di atas, angka 300 samadengan 5 menit (300 : 60 detik). 

Nah, supaya waktu shutdown nya bisa lebih lama maka yang mesti kita lakukan adalah mengubah angka 300 menjadi lebih besar lagi. Misalnya 3000 (50 menit). Tinggal dikalikan saja sob. 

Untuk membatalkan perintah shutdown di cmd, kita tinggal mengetikan perintah "shutdown.exe -a". Maka secara otomatis shutdown pun akan langsung dibatalkan.

#2. Menggunakan Notepad

Notepad adalah suatu aplikasi catatan yang ada di sistem operasi windows. Kita bisa menulis apapun dengan notepad ini. 

Tapi tahukah kamu kalau notepad ini bisa kita manfaatkan untuk membuat semacam perintah agar komputer kita bisa logg off secara otomatis? Saya sendiri baru mengetahui trik ini barusan.

Lalu apa perintahnya? dan bagaimana caranya? 
  • Langkah pertama buka aplikasi notepad di komputer kamu.
  • Setelah itu copy kode berikut ini dan paste di notepad.
@echo off
:W
if %time%==00:00:00.00 goto :X
goto :W
:X
shutdown.exe /s /f /t 60 /c “Tidur Gannnnnnnnnn"
  • Kemudian kita save dengan format .BAT. Agar lebih mudah menemukannya, silahkan simpan filenya di desktop
  •  Selanjutnya tinggal kita jalankan file tersebut.
  • Selesai :D
Oh iya, pada perintah yang tadi kamu ketikan memiliki arti tersendiri. Agar waktu shutdown nya sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu bisa mengaturnya dengan mengubah angka pada perintah if %time%==00:00:00.00 goto :X . 

Angka tersebut adalah jam yang bisa kita atur sesuai dengan jam berapa komputer ingin dimatikan. Ingat, formatnya adalah HH:MM:SS.MS (Hours:Minute:Second.MiliSecond).

Sehingga, jika komputer ingin dimatikan pada tengah malam maka kita cukup mengubah angkanya menjadi 23:45:00.00 (jam 11:45 malam). 

Cukup mudah bukan?

Untuk membatalkannya, kita cukup ketikan perintah shutdown.exe -a di command prompt.

#3. Menggunakan Aplikasi Shutdown Otomatis

Ada banyak sekali aplikasi shutdown otomatis yang terdapat di internet. Namun, salah satu aplikasi shutdown komputer yang paling mudah digunakan menurut saya adalah aplikasi bernama Wise Auto Shutdown

Aplikasi ini mampu membuat laptop/komputer kita melakukan logg off secara otomatis. Untuk tata cara pengoprasiannya pun sangat mudah dan praktis sekali. Sehingga siapapun bisa melakukannya. 
Cara menggunakan aplikasi Wise Auto Shutdown versi saya.

  1. Langkah pertama silahkan kamu download terlebih dahulu aplikasi wise auto shutdown melalui link berikut.
  2. Setelah itu instal dan buka aplikasi tersebut.
  3. Kemudian, akan terdapat beberapa pilihan metode untuk mengatur penonaktifan komputer kita. Mulai dari Specify time, From now, Daily, dan On Idle. Namun dalam kasus ini saya lebih suka menggunakan yang "From Now". Jadi kita akan mengaturnya pada pilihan tersebut. 
  4. Pada pilihan "From Now", kita ubah angkanya menjadi 30 menit, karena saya ingin komputer milik saya shutdown dalam waktu 30 menit ke depan.
  5. Terakhir klik Start Task.
  6. Selesai.
Selain melakukan shutdown otomatis, dengan aplikasi inipun kita bisa melakukan restart otomatis, log off, Hibernate, dan Sleep otomatis. 


Ya, mungkin cukup sekian untuk artikel kali ini. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar di bawah. 

Semoga artikel ini bermanfaat :)
Taufiq
Taufiq Life is Journey :)

Post a Comment for "#3 Cara Mengatur Laptop Agar Shutdown Otomatis di Windows 7"